Cara Buat HTML Tulisan Hello World dengan Notepad

Cara Buat HTML Tulisan Hello World dengan Notepad
mbahan - Membuat tampilan "Hello World" dengan HTML merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh kebanyakan orang saat awal awal mempelajari pemrograman HTML. Ini pun terjadi pada diri saya sendiri saat masih duduk di bangku SMP. Untuk membuat sebuah website biasanya menggunakan HTML, Javascript, CSS, dan lainnya. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang HTML dasar yaitu membuat sebuah website sederhana dengan menampilkan tulisan "Hello World". Untuk membuatnya kita membutuhkan aplikasi Notepad, aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang sudah terinstall untuk sistem operasi windows. Kalian juga membutuhkan browser untuk dapat menjalankan atau menampilkan HTML.

Langkah untuk menampilkan tulisan "Hello World" dengan HTML

1. Buka aplikasi notepad.
2. Tuliskan kode berikut ini 

<html>
<head>
<title>html dasar - Hello world</title>
</head>
<body>
Hello World!
</body>
</html>

Keterangan : 
  • Tag <html> dan </html> menandakan bahwa kode yang ada di dalamnya merupakan kode html agar browser dapat menterjemahkan sebagai dokumen html
  • Tag <head> dan </head> merupakan bagian atas kepala dalam tag <html> dan</html>, di tag ini kamu bisa menuliskan judul dokumen dengan menambahkan tag <title> dan </title>
  • Tag <body> dan </body> merupakan bagian badan dari html, di bagian ini kalian dapat menambahkan tulisan, gambar, maupun tabel atau link.  

3. Pastikan kamu menuliskan kode tersebut dengan benar, setelah itu save kode tersebut dengan cara klik File di pojok kiri atas kemudian klik Save.
4. Di kolom file name silakan isi nama filenya dan gunakan ektensi (.html) pada nama tersebut. Contohnya (belajarweb.html)
5. Setelah itu klik save.
6. Buka file explorer kemudian buka file yang berisi kode html yang baru saja di buat, lalu buka dengan browser yang kamu punya.
7. Selesai. Jika berhasil akan menampilkan tulisan "Hello World" seperti gambar dibawah ini.


Posting Komentar

0 Komentar