Pengertian Jenis Jenis Tools Pada Jaringan

mbahan.blogspot.com - Dalam materi Troubleshoot Jaringan untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan kalian pasti akan bertemu dengan materi “Tools pada jaringan”. Nah kali ini mbahan.blogspot.com akan membahas tentang materi yang satu ini, yuk kita simak.
Pengertian Jenis Jenis Tools Pada Jaringan

Tools pada jaringan terbagi menjadi 6 jenis, yaitu Ipconfig, Ping, Nslookup, Tracert, Pathping, dan Netstat. Kemudian apa saja si kegunaan dari tools tools tersebut? Mari kita bahas di bawah ini yuk..

Tools Pada Jaringan

1. Ipconfig
Merupakan tools untuk menampilkan setting jaringan yang digunakan oleh sebuah computer. Biasanya tools ini memiliki beberapa opsi yang bisa dipraktekkan adalah ipconfig, ipconfig/all, ipconfig/release, ipconfig/renew.
2. Ping
Ping merupakan tools yang digunakan untuk mengecek atau mengetes koneksi dengan menggunakan protocol ICMP. Opsi yang bisa digunakan oleh tools ini adalah ping ipdnsserver, ping –t ipdnsserver. Namun jika kalian mencoba tools ini dan gagal maka akan muncul beberapa pesan diantaranya:
TTL Expired in Transit yang artinya jumlah hop (router) yang dilalui untuk berkomunikasi dengan server telah melebihi TTL alias Time to Live.
Destination Host Unreachable, paket yang dikirim tidak mampu sampai ke tujuan
Request Time Out, pesan echo reply tidak dapat di terima kembali dalam waktu yang sudah di tentukan
3. NSlookup
Digunakan untuk mendiagnosa layanan DNS Server, melakukan query untuk memetakan suatu domain menjadi IP address atau sebaliknya.
4. Tracert
Tracert merupakan singkatan dari Traceroute yaitu tool yang digunakan untuk menampilkan jalur atau routing perjalanan paket komunikasi antar computer kita dengan computer (server) lain.
5. Pathping
Adalah tools yang ada pada windows yang digunakan untuk mengukur network latency dan network loss (presentase) pada hop tertentu diantara alamat asa; dan alamat tujuan.
6. Netstat
Singkatan dari Network Status yang dimana tool ini digunakan untuk berbagi keperluan antara lain menampilkan table routing, menampilkan service yang berjalan pada windows, menampilkan port protocol komunikasi yang sedang terjadi

Nah itulah penjelasan tentang tool pada jaringan. Penjelasan diatas merupakan garis besarnya saja. Apabila ada kritikan maupun saran kami siap menampung di kolom komentar yaa. Terimakasih telah berkunjung di blog mbahan.blogspot.com

Posting Komentar

0 Komentar